Italia



Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica Italiana atau Italia) adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri dari sebuah semenanjung yang berbentuk sepatu boot dan dua pulau besar di Laut Tengah: Sisilia dan Sardinia. Italia berbagi perbatasan bersaljunya di utara dengan Perancis, Swiss, Austria dan Slovenia. Negara San Marino dan Vatikan adalah enklave di dalam wilayah Italia.Daftar isi [sembunyikan]

1 Daerah

2 Geografi

3 Demografi

4 Lihat pula

5 Pranala luar



[sunting]

Daerah



Italia dibagi menjadi 20 daerah (regioni, tunggal: regione); lima di antaranya mempunyai status otonomi khusus, ditandai dengan *:

Abruzzo

Basilicata

Calabria

Campania

Emilia-Romagna

Friuli-Venezia Giulia *

Lazio

Liguria

Lombardia

Marche

Molise

Piemonte

Puglia

Sardinia (Sardegna) *

Sisilia (Sicilia) *

Toscana

Trentino-Alto Adige *

Umbria

Valle d'Aosta *

Veneto



Semua daerah, kecuali Valle d'Aosta, dibagi lagi menjadi dua provinsi atau lebih.

[sunting]

Geografi

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Geografi Italia



Italia terdiri dari semenanjung besar yang menyerupai sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timur-laut adalah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, kemudian Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut.



Pegunungan Apennina menjadi tulang belakang semenanjung ini, memanjang ke arah barat laut hingga bergabung dengan Alpen, barisan pegunungan yang membentuk lengkungan yang membatasi Italia di sisi utara. Di wilayah ini juga ditemukan dataran alluvial besar, dataran Po-Venesia, yang dialiri oleh Sungai Po dengan banyak anak sungainya mengalir dari Alpen, Apennina dan Dolomites. Sungai terkenal lainnya termasuk Tiber, Adige, dan Arno.



Titik tertingginya adalah Gunung Blanc (Monte Bianco) pada 4.810 m. Namun demikian, Italia biasanya lebih dikaitkan dengan dua gunung berapi yang terkenal: Vesuvius dekat Napoli yang sekarang ini tidak aktif dan Etna yang sangat aktif di Sisilia.

[sunting]

Demografi

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Demografi Italia



Penduduk Italia sebagian besar beragama dan berbahasa sama namun dengan budaya, ekonomi, dan politik yang beragam. Italia memiliki kepadatan penduduk terbesar kelima di Eropa dengan 196 penduduk per kilometer persegi. Kelompok minoritas penduduk asli kecil jumlahnya.



Meskipun Katolik Roma adalah agama mayoritas (85% kelahiran di Italia umumnya beragama Katholik), ada beberapa komunitas yang merupakan bagian Gereja Protestan, dan juga Bené Roma yang telah menjalankan Judaisme di Italia selama ribuan tahun. Dan ada juga komunitas imigran Muslim (lihat: Islam di Italia).

[sunting]

Lihat pula

Anoia

Daftar tokoh Italia

Pesisir Amalfi

Alfa Romeo

Ferrari

Fiat

Lamborghini

Lancia

Maserati

Pagani

Makanan: spageti, pizza, Pandoro, Panettone.

Hubungan luar negeri Italia

Daftar Universitas di Italia

Militer Italia

Pariwisata di Italia

Transportasi di Italia

Mafia

Vespa

Valentino Rossi


Kesuksesan Yamaha dalam pencapaian target penjualan pada tahun 2009 dan meningkatnya market share Yamaha secara keseluruhan tidaklah lepas dari peran seluruh pecinta dan pengguna motor Yamaha yang ada di Indonesia. Yamaha mengucapkan terimakasih atas kesetiaan konsumen Indonesia yang telah bersama-sama dengan Yamaha melewati tahun 2009 dengan sukses.



Tahun 2009 bisa dibilang merupakan tahun di mana Yamaha benar-benar bersinar bintangnya. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Yamaha di dunia balap nasional dan internasional, yang diantaranya adalah Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang telah berhasil menjadi juara 1 dan juara 2 pada ajang balap MotoGP. Prestasi yang tidak dimiliki oleh pabrikan dan team lainnya ini sekali lagi membuktikan bahwa team Yamaha adalah team yang terus berjuang untuk hasil yang terbaik.



Kesuksesan penjualan di dalam negeri dan kesuksesan di ajang balap internasional ini tentunya memang tidak secara langsung berhubungan. Akan tetapi Yamaha menyadari apabila kedua kesuksessan ini tentunya terwujud dikarenakan adanya sebuah hubungan yang saling berkaitan antara satu sama lain, yang pada akhirnya membuat dua hal yang terlihat tidak berhubungan ternyata memiliki keterikatan hubungan.



Keberhasilan penjualan Yamaha di Indonesia ini tentunya juga merupakan keberhasil bagi seluruh pecinta dan pengguna motor Yamaha. Dan untuk itu sebagai wujud ungkapan terimakasih Yamaha terhadap konsumen Indonesia, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan kembali datang untuk mengunjungi fans setianya di Indonesia.



Berikut scedule kedatangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di Indonesia



Berikut scedule kedatangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di Indonesia:

Tanggal : 28 Februari 2010

Kota : Bandung (Jorge Lorenzo), Medan (Valentino Rossi)



Tanggal : 01 Maret 2010

Kota : Surabaya (Valentino Rossi), Yogyakarta (Jorge Lorenzo)



"Semakin di Depan" di YZR-M1 Rossi dan Lorenzo

Pada kesempatan kali ini, selain akan menemui para fans nya di Indonesia. Kedua pembalap penguasa sirkuit MotoGP ini juga akan sekaligus memperlihatkan untuk pertama kalinya tulisan "Semakin di Depan"pada motor Yamaha YZR-M1 46 milik Valentino Rossi dan 99 milik Jorge Lorenzo. Hal ini tentunya menjadi moment yangsangat membagakan untuk masyarakat Indonesia. Dengan di cantumkannya tulisan "Semakin di Depan" pada motor Rossi dan Lorenzo, maka hal ini menjadi sejarah pertama kalinya tulisan dalam bahasa Indonesia terpampang di motor sang juara dunia dunia MotoGP.



Dengan kuatnya loyalitas konsumen Yamaha di Indonesia dan tangguhnya pembalap Yamaha di ajang lokal maupun international, hal ini menjadi pemacu Yamaha untuk terus berinovasi dan menjadi Semakin di Depan.



Lihat profil Valentino Rossi & Jorge Lorenzo.





gambar

Kamis, 03 Juni 2010

fiat yamaha pertahankan duel

11-Nov Tim Fiat-Yamaha Bocorkan Sukses Rossi Raih Juara Dunia

3556684987Tim Fiat Yamaha membocorkan sukses yang diraih pembalapnya Valentino Rossi menggondol juara dunia 2008. Direktur tim yang juga pimpinan dari Yamaha Motor Comp. MotoGP Group, Masahiko Nakajima melakukan presentasi mengenai keberhasilan tim dan sang pembalap, The Doctor.

Ketika mempresentasikan, Masahiko menjelaskan, buruknya performa YZR M1 selama 2006 dan 2007 menjadi masukkan buat tim melakukan pengembangan. Kesalahan memang bukan pada pembalap, Valentino Rossi yang tahun lalu hanya memenangkan empat seri dan delapan kali naik podium.

Hasil itu membuat posisinya menduduki peringkat ketiga. Hasil terburuk buat pembalap kelahiran Urbino, Italia sejak menapakkan karir di GP 500 bahkan terendah sejak ia mengikuti balapan di kelas 125 cc pada 1996.

Dari penelitian tim Yamaha, kekalahan sepedamotor mereka dari Ducati dan Honda dikarenakan tiga masalah. Pertama, daya tahan dan performa mesin yang kurang bagus. Terutama di soal akseleresi dan kecepatan maksimumnya sangat jelek. Ini dikarenakan tingginnya temperatur air dan oli.

Faktor kedua, borosnya konsumsi bahan bakar. Ini dikarenakan miskinnya campuran udara dan bahan bakar saat balapan.

Terakhir (ketiga), tidak ditemukannya keserasian antara ban dan sasis. Akibatnya, keseimbangan antara daya cengkeram depan dan belakang jelek, termasuk saat di tikungan. Kendala ini membuat Rossi sulit bisa mengimbangi Casey Stoner bersama Ducati dan Dani Pedrosa dengan Honda RC212V.

Solusinya, meningkatkan performa ban secara maksimum. Di sini, Rossi tak ingin memakai ban Michelin menghadapi musim kompetisi 2008. Ia lebih memilih Bridgestone, yang beberapa seri terakhir diikuti pembalap repsol-Honda, Dani Pedrosa.

Kemudian mendongkrak tenaga dapur pacu secara maksimal dan terakhir mengiritkan pemakaian bahan bakar. Untuk mendapatkan kedua unsur ini, pihak Yamaha mengoptimalkan pemakaian piston dan ring, mengganti diameter crankshaft, mengubah sistem pengisian oli dan mengganti semua permukaan komponen mesin dengan bahan yang lebih bagus.

Sektor lainnya, dimensi sasis diubah disesuaikan dengan ban (untuk Rossi karena beralih ke bridgestone). Untuk memaksimalkan performa ban dipakai Engine Management System (EMS).

Perubahan itu membuat tenaga meningkat 12 persen dan torsi naik sekitar 8 persen. Pantas ketika ke luar tikungan, terkadang Rossi bisa melesat cepat menjauh dengnan Stoner, meski pada trek lurus dapat ditempel lagi.

Seperti persaingan dengan Ducati di sirkuit Laguna Seca. Tampak, setiap ke luar tikungan – apalagi belokannya tajam – tenaga Yamaha YZR M1 begitu galak. Kemudian menaklukkan tikungnan “S” tenaga motor Rossi selalu padat.

Tak heran, musim kompetisi 2008 sebanyak 18 seri, Yamaha menguasai 10 seri, sembilan disumbangkan Rossi dan satu oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Hebatnya, setiap seri, Yamaha acap menempatkan pembalap di podium kemenangan (24 kali naik podium oleh kedua pembalap) dan 7 kali merebut posisi start terdepan

2 Tanggapan - tanggapan ke “11-Nov Tim Fiat-Yamaha Bocorkan Sukses Rossi Raih Juara Dunia”

0 komentar:

Posting Komentar